Diklat / Bimtek Jasa Konstruksi Bagi Tenaga Pemeriksa dan Aparatur Pengawasan

Dewasa ini, tindak pidana korupsi memang sangat marak terjadi di berbagai instansi pemerintahan maupun swasta. Salah satu sektor yang rawan sekali menjadi ladang subur bagi para pelaku korupsi adalah pengadaan barang/jasa pemerintah. Terdapat beberapa contoh kasus korupsi di bidang pengadaan diantaranya adalah wisma atlet di kemenpora, alat kesehatan di kemenkes hingga Al-Qur’an di kemenag.

Diklat Jasa Konstruksi Bagi Tenaga Pemeriksa dan Aparatur PengawasanBeberapa contoh kasus tindak pidana korupsi tersebut mengindikasikan bahwa bidang pengadaan barang dan jasa pemerintah perlu dimonitoring. Monitoring ini bertujuan sebagai upaya untuk mencegah berkembangnya aktivitas korupsi diantara para pegawai pemerintah. Oleh karena itu, lembaga pemerintahan perlu mengadakan diklat audit pemeriksa dan pengawasan.

Jasa Konstruksi Bagi Tenaga Pemeriksa dan Aparatur Pengawasan

Pelaksanaan audit sendiri sebaiknya perlu diterapkan secara ketat dan konsisten. Tujuannya adalah agar pegawai mempunyai pemahaman mengenai aspek hukum yang berhubungan dengan bidang pengadaan barang/jasa. Jadi, melalui pemahaman terhadap aspek ini pegawai diharapkan mampu untuk mengatasi berbagai permasalahan pengadaan barang/jasa di kemudian hari.

Diklat audit bagi pegawai umumnya diadakan oleh jasa konstruksi bagi tenaga pemeriksa dan aparatur pengawasan. Terdapat banyak sekali materi yang akan dipelajari serta wajib dipahami oleh para pegawai agar pengadaan barang/jasa pemerintah dapat berjalan efektif dan efisien. Efektivitas dan efisiensi jelas penting guna mewujudkan good governance dalam sistem yang ada.

Dalam rangka memantapkan pemahaman mengenai Kompetensi Jabatan PNS maka kami akan mengadakan Bimtek / Diklat Kepegawaian tentang Jasa Konstruksi Bagi Tenaga Pemeriksa dan Aparatur Pengawasan Pada:

Materi diklat audit pemeriksa dan pengawasan

  1. Prosedur penyusunan dokumen lelang/HPS.
  2. Proses pemilihan penyedia jasa.
  3. Manajemen pelaksanaan kontrak meliputi strategi dalam penyelesaian sengketa.
  4. Tata cara penghentian atau pemutusan kontrak sampai gugatan ke pengadilan.

Melalui pemahaman terhadap keempat materi diklat tersebut, para pegawai diharapkan memiliki pengetahuan yang memadai sehingga tidak gentar ketika diintimidasi. Tindakan intimidasi yang dimaksud adalah berupa tuntutan, gugatan serta tekanan/ancaman dari pihak manapun. Disamping memberikan pengetahuan dan membangun mental, terdapat manfaat lain dari kegiatan diklat audit ini.

Manfaat mengikuti diklat audit pemeriksa dan pengawasan

  • Memperoleh penjelasan dan pemahaman mengenai pengertian serta bagaimana teknis pelaksanaan audit pengadaan barang/jasa yang efektif. Dalam diklat ini, pegawai akan diberikan contoh-contoh penyimpangan pada tahap pengadaan. Selain itu, pegawai juga akan diajarkan mengenai cara pembuatan laporan audit yang baik dan benar.
  • Mendapatkan penjelasan tentang audit pengadaan barang/jasa secara swakelola meliputi jasa pemasokan dan pemborongan pekerjaan konstruksi.
  • Menerima penjelasan mengenai pelaksanaan audit pada jasa konsultasi.
  • Memperoleh informasi tentang prosedur menyiapkan daftar simak dalam proses audit di bidang pengadaan barang/jasa pemerintah.
  • Melalui diklat yang diselenggarakan oleh jasa konstruksi bagi tenaga pemeriksa dan aparatur pengawasan maka akan diketahui secara riil bagaimana praktek pengadaan barang dan jasa.
  • Memahami hakikat, indikasi dan konsekuensi dari aktivitas persekongkolan dalam pengadaan barang/jasa pemerintah.
  • Memahami prinsip-prinsip hukum acara perdata dan mampu mengaplikasikannya untuk mengajukan gugatan ke pengadilan. memahami bagaimana proses gugatan berlangsung hingga mencapai keputusan inkrag.
  • Mendapatkan pengetahuan mengenai langkah-langkah untuk menghadapi kriminalisasi yang dilakukan oleh aparat penegak hukum. Termasuk memahami berbagai peraturan yang berlaku dan relevan serta modus operasi tindak pidana korupsi dalam pengadaan barang/jasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Silahkan isi nomor telepon agar kami bisa menghubungi anda atau mengirimkan brosur